Cek Fakta: Benarkah Pasar Tanah Abang Kembali Ramai Jelang Idul Fitri di Tengah PSBB DKI Jakarta?

- 22 Mei 2020, 08:25 WIB
WARGA berbagi jalan dengan pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di trotoar jembatan penyebrangan multiguna (skybridge) Tanah Abang, Jakarta, Rabu, 15 Mei 2019 lalu.*/ANTARA

PIKIRAN RAKYAT - Seorang pengguna Twitter mengunggah sebuah video yang diklaim sebagai suasana padat di kawasan pusat perbelanjaan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Lebih detail, video itu menampakkan suasana Pasar Tanah Abang yang dipadati masyarakat saat masih berlangsungnya PSBB di Jakarta. Pemilik akun tersebut membagikan video itu pada Rabu 20 Mei 2020.

Baca Juga: Berbulan-bulan Terpisah, Seorang Pria Ciptakan 'Tirai Peluk' untuk Lepas Rindu pada Sang Nenek

Untuk unggahan itu, pengguna Twitter itu telah membuat kontennya dilihat oleh 8.258 kali oleh pengguna lain, disukai oleh 334 pengguna lain, dan diunggah ulang (retweet) hingga 159 kali.

Adapun narasi lengkap yang disebutkan dapat terlihat sebagai berikut:

"Tanah abang penuh bray.,, dan anehnya gabener dgn ponggahnya minta daerah lai belajar dari Penanganan Covid-19 di Jabodetabek yg bener aja mosok gabener harus ditiru :'D #ShalatIdDirumahAja," demikian bunyi narasi yang disebarkan dalam Twitter tersebut.

Baca Juga: Studi Baru Tunjukkan Monyet Positif Covid-19 Kembangkan Kekebalan, Ilmuwan: Kabar Baik untuk Vaksin

Berdasarkan penelusuran PikiranRakyat-Tasikmalaya.com dari situs Antara News, ditemukan fakta yang berbeda dari beredarnya video yang memperlihatkan kepadatan Pasar Tanah Abang.

Secara pasti, video itu memang benar memperlihatkan situasi keramaian di Tanah Abang, Jakarta Pusat. Namun, video itu bukanlah video baru yang memperlihatkan keramaian pada masa PSBB. Melainkan, video itu direkam sejak 2018.

Hal ini dibuktikan melalui akun Instagram Jakarta Info yang menggunggah video kiriman warga Jakarta pada 6 Juni 2018 lalu. Tepatnya, saat menjelang Idul Fitri 1439 H.

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina

Sumber: Antara, Kominfo


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X