Cek Fakta: Benarkah Anies Baswedan Keluarkan Surat Permohonan Pemulangan Warga Jakarta?

- 6 April 2020, 14:00 WIB
Gubernur DKI Anies Baswedan. ANTARA

PIKIRAN RAKYAT - Pandemi global Covid-19 tengah mengancam Indonesia, menyusul bertambahnya jumlah pasien terkonfirmasi positif yang semakin bertambah.

Diketahui hingga Minggu, 5 April 2020, jumlah pasien positif Covid-19 di Indonesia telah mencapai 2.273 kasus positif dengan 164 orang sembuh dan 198 orang dinyatakan telah meninggal dunia.

Baca Juga: Ada Pembatasan Wilayah karena Corona, Pengrajin Bordir di Tasikmalaya Rugi Puluhan Miliar

Jakarta menjadi salah satu daerah yang memiliki jumlah pasien terkonfirmasi Covid-19 paling banyak di Indonesia dan terus bertambah setiap harinya.

Dinyatakan sebagai zona merah karena persebaran Covid-19 yang terus meningkat, banyak warga yang bekerja di Jakarta yang nekat untuk pulang ke kampung halamannya masing-masing.

Namun, berdasarkan perintah dari pemerintah, warga diusahakan tidak pulang ke kampung halaman karena hal tersebut bisa mengakibatkan mata rantai penyebaran Covid-19 semakin luas.

Baca Juga: Matt Hancock Tak Yakin Inggris akan Dapatkan 18.000 Ventilator saat Puncak Wabah Covid-19

Berdasarkan hal tersebut, di media sosial, beredar sebuah Surat Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 120/-1.865.35 Perihal Permohonan Pemulangan Warga.

Surat tersebut memuat permohonan pemulangan seorang warga dari Jakarta ke Semarang terkait perkembangan kesehatan kondisinya atas dampak Covid-19.

Adapun permohonan pemulangan tersebut dalam rangka menindaklanjuti Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang menjadi salah satu kebijakan Pemerintah Indonesia memutus rantai penyebaran Covid-19.

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina

Sumber: JALA - Jakarta Lawan Hoaks


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X