Cek Fakta: Beredar Video Azan Berkumandang Lagi di Spanyol Setelah 500 Tahun Dilarang

- 4 April 2020, 16:37 WIB
Tangkapan layar video azan yang diklaim sebagai azan pertama di Spanyol setelah 500 tahun dilarang.* MAFINDO

PIKIRAN RAKYAT - Pandemi virus corona masih mengancam dunia. Hingga Jum'at, 3 April 2020, di 205 negara telah ditemukan pasien terinfeksi corona dengan jumlah yang beragam.

Dilansir laman resmi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, tercatat 900.306 kasus terjadi dari pasien yang sudah dinyatakan positif Covid-19, virus ini pun telah memakan 45.693 korban jiwa.

Di tengah maraknya informasi kasus Covid-19, baru-baru ini beredar sebuah video dengan narasi yang menyebutkan bahwa azan pertama dikumandangkan di Spanyol setelah 500 tahun dilarang. Video tersebut diunggah di akun Facebook Tetty Sahara pada 31 Maret 2020.

Baca Juga: Gagal Diet karena Sibuk Bekerja? Jangan Khawatir, 6 Tips Ini Bisa Menolongmu

Setelah 500 tahun yang lalu Azan dilarang di Spanyol (andalusia), baru kemarin (28 Maret 2020) Azan di daerah ini untuk pertama kali di kumandangkan, dan ini terjadi saat krisis Corona berlangsung secara Global," tulis akun Tetty Sahara pada keterangannya.

"Apapun yg terjadi haruslah berbaik sangka Kpd Allah, MasyaAllah… Semoga wabah corona 19 ini cpt berlalu Allahuakbar Allahuakbar Allahuakbar," lanjut keterangan tersebut.

Video tersebut menampilkan pemandangan dari sebuah kota dengan suara azan dengan tulisan 'Azan PERTAMA di SPANYOL Setelah 500 Tahun Dilarang'.

Baca Juga: Cek Fakta: Benarkah Bill Gates akan Buat Kapsul Implan Manusia untuk Lawan Virus Corona?

Setelah ditelusuri oleh Turn Back Hoax Mafindo yang dikutip PikiranRakyat-Tasikmalaya.com, video yang diunggah oleh sumber klaim tersebut merupakan klaim yang salah.

Halaman:

Editor: Gugum Rachmat Gumilar

Sumber: Mafindo


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X