Cek Fakta: Hoaks Universitas Brawijaya Beri Kompensasi Uang Kuliah untuk Tunjangan Belajar

- 31 Maret 2020, 20:13 WIB
ILUSTRASI kuliah.*

PIKIRAN RAKYAT - Terkait wabah virus corona, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim meminta agar pimpinan perguruan tinggi di daerah terdampak wabah Covid-19, menghentikan sementara kegiatan akademik tatap muka.

Mendikbud meminta perguruan tinggi dapat menggantinya dengan kebijakan proses belajar dan mengajar dari rumah bagi dosen dan mahasiswa, guna menekan angka penyebaran yang melonjak tinggi.

Baca Juga: Kendaraan Water Canon Keliling Singaparna Semprotkan Disinfektan

Dengan adanya imbauan tersebut, sejumlah perguruan tinggi mulai memberlakukan kebijakan itu, seperti salah satu perguruan tinggi yang berlokasi di Kota Malang, yakni Univeristas Brawijaya.

Diketahui, tidak hanya proses perkuliahan yang berlangsung online, bahkan agenda wisuda yang tadinya hanya ditunda, kini resmi ditiadakan.

Baca Juga: Bob Hasan Tinggal Kenangan, Bapak Atletik Indonesia yang Sulit Tergantikan

Berkenaan dengan kebijakan itu, baru-baru ini beredar kabar menyebut bahwa Universitas Brawijaya akan memberikan kompensasi berupa pengembalian uang kuliah kepada para mahasiswa sebagai bentuk tunjangan tinggal di rumah akibat terdampak Covid-19.

Kabar yang beredar melalui pesan berantai WhatsApps itu, berisi imbauan untuk mahasiswa Brawijaya untuk segera mengisi link yang dibagikan beserta narasi tersebut. Diduga agar mempercepat proses pendataan bagi mahasiswa yang terdampak wabah Covid-19.

Baca Juga: Ketua Umum PB PASI Bob Hasan Meninggal Dunia

"Mulai besok, Jum’at 27 Maret 2020, semua mahasiswa Universitas, berhak menerima kompensasi uang kuliah dikembalikan sebagai tunjangan untuk tinggal di rumah dalam rangka menghindari penyebaran Covid-19 atau Coronavirus. Segera daftarkan NIM dan jurusan anda dan isi formulir dalam site Bit.ly/3dptBNa," dikutip PikiranRakyat-Tasikmalaya.com dari tangkapan layar pesan singkat WhatsApp yang beredar.

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina

Sumber: Turn Back Hoax MAFINDO


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X