Sabtu, 29 Februari 2020

Kendalikan Diri dari Hal-hal yang Tidak Penting, Berikut 4 Tips Menjadi Produktif

- 14 Februari 2020, 20:34 WIB
ILUSTRASI Liburan produktif.*

PIKIRAN RAKYAT - Tahun 2020 sudah memasuki pertengahan bulan kedua. Sudahkah Anda melakukan hal-hal yang produktif di tahun ini?

Produktivitas dinilai sangat penting karena orang yang produktif akan mencapai banyak hasil dalam hidupnya. Semakin tinggi tingkat produktivitasnya berarti semakin banyak hasil yang ia capai.

Orang yang mempunyai etos kerja akan lebih produktif. Produktivitas ini akan berimbas pada kehidupannya dimana kelasnya pun akan naik menjadi lebih baik.

Baca Juga: Hilangkan Stigma Gaya Hidup Hedonisme, Polwan Polres Tasikmalaya Bagikan 150 Nasi Bungkus Usai Shalat Jumat

Dikutip PikiranRakyat-Tasikmalaya.com dari Forbes dan beberapa sumber, berikut empat tips untuk membuat tahun 2020 menjadi tahun yang paling produktif untuk Anda.

1. Jadilah Strategis

Pikirkan penyebab mengapa Anda tidak bisa menyelesaikan pekerjaan sebanyak yang Anda butuhkan: Apakah itu karena Anda lelah?

Atau Anda malah sering menunda-nunda karena alasan sibuk melakukan aktivitas yang lain seperti sibuk bersosial media?

Baca Juga: Usut Penyebar Video Mesum yang Rugikan Kliennya, Kuasa Hukum Gisella Anastasia: Pokoknya Wajahnya Seram

Penting rasanya mengetahui apa yang menjadi penyebab akar masalah Anda menjadi tidak produktif. Lalu pikirkan solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

2. Jangan Multitask  

Mencoba menyelesaikan beberapa tugas sekaligus hanya akan membuat Anda menyelesaikan tugas menjadi lebih lambat.

Fokuslah pada salah satu pekerjaan. Jangan multitasking, karena melakukan pekerjaan secara bersamaan akan menghabiskan lebih banyak waktu.

Baca Juga: Putus Cinta Hal Biasa, Berikut 8 Lagu K-Pop untuk Bantu Merayakan Kelajangan

3. Buatlah sebuah rutinitas

Rencanakan aktivitas yang berulang di dalam sebuah jadwal. Hal ini sangat diperlukan agar Anda dapat memfokuskan energi Anda pada satu tugas tertentu.

Gabungkanlah aktivitas-aktivitas tersebut dengan rutinitas harian Anda seperti bersiap-siap untuk kerja, makan siang, dan lain-lain.

4. Rencanakanlah segala sesuatu, namun tetaplah fleksibel

Lakukan semua aktivitas dengan membuat rutinitas dan tenggat waktu. Namun Anda juga perlu menyadari juga bahwa sesuatu pasti akan mengganggu jadwal yang sudah Anda buat.

Baca Juga: Putus Cinta Hal Biasa, Berikut 8 Lagu K-Pop untuk Bantu Merayakan Kelajangan

Anda harus mampu beradaptasi. Jangan biarkan gangguan membuat Anda kehilangan fokus. Carilah jalan lain untuk mengambil keuntungan dari situasi tersebut, atau jauhis situasi itu.***

 


Editor: Tyas Siti Gantina

Sumber: Forbes

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

X